Benarkah Ibu Yang Di Rumah Itu Banyak Mengalami Depresi

Sering kita temui kejadian di tayangan TV dimana seorang ibu seharian di rumah melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah, dimana seorang ibu terlihat sangat ceria, mudah di atur, bahkan mampu menguasai ekonomi..

cara mengatasi ibu depresi
ibu depresi by google.com
Sering berjalannya waktu dan tumbuhnya budaya-budaya populer, kini mulai tumbuh kecurigaan terhadap sifat ibu yang ceria di rumah. Hmm kenapa ya?

Ini benar-benar cerita fiksi yang benar-benar bodoh, bagaimana mungkin seorang yang terus terkekang di dalam rumah, tanpa hiburan dan tanpa liburan. Atau dapat kita katakan hidup yang monoton? Itu-itu saja yang dilakukan tetapi dapat tersenyum bahagia.

Dalam pola pikir dunia, jelas terlihat kebingungan melihat posisi seorang ibu yang apakah seorang suka bekerja atau bahkan workaholic ataupun hanya di rumah saja.

Atau bahkan ketika bekerja di rumah, seperti memiliki bisnis di rumah, jualan online yang lagi hits-hitsnya sekarang. Apakah seorang ibu merasa sangat di butuhkan di rumah, dan apakah seorang ibu bahagia karna semua itu?

Atau seorang ibu melakukan semua hanya karna terpaksa oleh kewajibannya, kalau ini sih psikologinya kena banget ya.

fakta ibu rumah tangga
ibu rumah tangga yang depresi by google.com
Berdasarkan pada survey oleh Gallup pada tahun 2012, dari 60.000 wanita di temukan bahwa ibu yang tinggal di rumah lebih rentan terhadap emosi negatif, bahkan depresi dan kemarahan. Pada survei tersebut juga di temukan 28% ibu yang terbukti secara klinis mengalami depresi, di banding ibu yang bekerja hanya 17%.

Pada survei lain juga di temukan bahwa ibu yang memiliki anak balita lebih banyak bekerja secara paruh waktu sehingga dapat membagi pekerjaan antara budaya masyarakat kuno dengan budaya masyarakat modern.

Ternyata memang banyak ibu rumah tangga yang mengalami depresi, namun hal ini dapat di kurangi dengan mengkondisikan keadaan sekitar ibu ataupun perasaan si ibu sendiri. Ini beberapa tips buat ibu rumah tangga agar tidak mengalami depresi.

1. Ibu rumah tangga selalu berkutat di dalam rumah, saatnya keluar rumah untuk liburan bersama keluarga.


mengatasi depresi ibu rumah tangga
liburan mengatasi depresi by freepik.com
Ketika si ibu tidak memungkinkan untuk bekerja dan hanya bisa mengerjakan pekerjaan rumah, maka sang suami memiliki peran penting untuk menghibur dan mengajak si istri untuk liburan. Sehingga si istri atau ibu terhindar dari tekanan mental dan terbebas dari depresi.

 2. Jangan hanya mengerjakan pekerjaan rumah bu, tapi juga manjakan diri dengan mempercantik diri.


mengatasi depresi ibu rumah tangga
treatment mengatasi depresi by freepik.com
Kewajiban mengururs rumah tangga memang penting, tetapi menjaga kecantikan juga dapat membuat diri rilex dan nyaman. Bukan itu saja, kecantikan pun di perlukan agar suami betah dirumah.

3. Lakukan juga hoby dan manjakan diri dengan suasana rumah yang indah. 


tips mengatasi depresi ibu rumah tangga
hindari depresi dengan hoby by google.com
Di sisi lain sang ibu juga harus menghibur diri atau menyibukkan diri dengan pekerjaan – pekerjaan yang di seperti mendekorasi rumah dengan unik dan merajut atau berbagai macam kegiatan lainnya

Itu cuma beberapa tips dari saya, masih banyak lagi hal-hal yang bisa di lakukan ibu agar tehindar dari depresi. Kalau ada yang mau nambah tips, silahkan komen ya.




No comments:

Post a Comment

Adbox

@brixlion