Si Sabar: Ujian Mendadak Yang Tidak Menyenangkan Namun Membawa Kebahagiaan


Siapa yang tidak tau dengan si sabar, yang terkenal itukan? tapi jarang di temukan. Kenapa seperti itu? Karena sabar itu memang sulit.

motivasi sabar
sabar berbuah kebahagiaan by freepik.com
Tetapi itulah yang hidup, kita hidup bukan untuk menjalani hal mudah saja. Cobaan dan kesabaran juga merupakan bagian penting dari hidup itu sendiri. Ada ungkapan sabar dari sudut pandang anak sekolahan.
Sabar itu sulit. Latihannya setiap hari, ujiannya selalu mendadak.
Sedangkan dari sudut pandang agama,
Sabar adalah separuh iman, dan keyakinan adalah seluruh keimanan - HR.Ath-Tharbrani dan Al-Baihaqi
Kalau kamu pernah mencoba sabar, pasti kamu pernah mencoba bersabar dengan diam dan menahan diri tetapi yang ada malah dongkol di dalam hati? Bagus sih tapi itu bukan sabar, karena sabar yang sebenarnya itu tidak ada batasnya and negative mind will never positive life. Karena sabar itu akan berujung pada keindahan, bukan dendam.
Ketika kita tetap tersenyum, meskipun merasa sakit. Ketika kita tetap memberi, meskipun tak pernah dibalas. Ketika kita tetap ceria, meskipun terluka. Ketika kita tetap diam, meskipun perih. Dan ketika kita bahagia, meskipun kehilangan. Karena sabar itu indah.
Jelas sabar itu sangat sangat sulit, tapi kamu itu spesial karna kamu bisa bersabar kalau kamu mau. Ketika kamu sedang memiliki masalah keluarga, pekerjaan ataupun fiansial yang sangat berat, sabar merupakan salah satu solusi buat kamu. Karena Allah tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan kamu.
"Sesungguhnya Allah menurunkan maunah (pertolongan) sesuai dengan kadar yang diperlukan. Dan dia menurunkan kesabaran sesuai dengan kadar cobaan" -HR. Ibnu Addi
Ketika kamu mendapat perlakuan tidak adil atau tidak pantas dari orang lain atau kamu mendapati kekasih hati mngkhianati atau berbohong sama kamu sehingga kamu marah ataupun berdebat, itu akan membawa penyakit lainnya seperti stress, galau, depresi dan tiada henti menangis.

Coba kamu tanya pada diri sendiri 'untuk apa?' atau 'sampai kapan?'. Satu yang saya tawarkan sama kamu. Bersabarlah karena di situlah ketulusan hati kamu sedang diuji. Ingat kesedihan mengajarkan tentang indahnya kebahagiaan.
sabar adalah
berprasangka baik kepada Allah by line OA
Seperti juga sakit, mengajarkan tentang nikmatnya sehat. Dan apabila sakit, Tuhan yang menyembuhkannya.
Pernahkah kamu mendengar ini "Allah tidak akan memberikan roti yang keras, jika sebelumnya Allah tidak memberikan gigi yang kuat?"
Berprasangka baiklah kepada Allah karena janji Allah itu nyata. Seringkali kita berputus asa ketika mendapatkan kesulitan atau cobaan. Padahal Allah telah memberi janji bahwa di balik kesulitan ada kemudahan, pasti ada solusi dan jalan keluar yang begitu dekat.
"Sesungguhnya mengagumkan orang-orang mukmin, sebab jika ia berhasil ia bersyukur dan sebaliknya, apabila ditimpa musibah dia bersabar. Itulah rahasia kesuksesannya" -HR.Muslim
Sabar bukanlah hal klasik, melainkan salah satu solusi dalam menghadapi masalah di hidup kita. Ingat ini, 'tidak akan ada pelangi melainkan setelah adanya hujan', cobaan dan sabar juga ikut andil dalam kebahagiaan itu sendiri. Jadi, Be Strong teman.

motivasi
tenang dan sabar by prestigeholics


No comments:

Post a Comment

Adbox

@brixlion