Kisah Tukang Roti: Ucapan Sederhana Nan Powerfull

Ujian merupakan bagian penting dari hidup, siapa yang ga tau tentang itu? Akan sulit menjalani hidup ini. Tapi walaupun demikian jangan langsung berputus asa dengan hidup ini, Karena Allah selalu ada, Allah ga pernah tidur!

Powerfulnya ucapan ini telah saya rasakan sendiri. Tetapi mungkin bagi sebagian orang hal-hal kecil dalam hidup merupakan hal yang tidak perlu dipusingkan. Kali ini saya akan berbagi cerita yang saya kutip dari berbagai situs tentang kisah seorang tukang roti dan bagaimana powerfullnya ucapan Istighfar (Astaghfirullahal'azim).
Yuk simak kisahnya!
kekuatan istighfar
Istighfar by Pixabay
Dalam Kitab Shifatus Shafwah karangan Ibnul Jauzi, dikisahkan tentang pengembaraan Imam Ahmad bin Hambal ke suatu negeri, yang di negeri itu sudah banyak pengikut mazhabnya. Dalam perjalanan, beliau kemalaman dan menemukan sebuah masjid, beliau ingin menghabiskan malam di dalam masjid itu. Namun penjaga masjid tidak memperbolehkannya beristirahat di dalam masjid.

Kendati ketenaran Imam Ahmad sudah sampai di seluruh pelosok negeri, namun tak banyak orang mengenal sosok dan rupanya. Untunglah, ketika itu ada seorang pengusaha roti yang bersedia menerima beliau untuk menginap di rumahnya.

Ketika sampai di rumahtukang roti tersebut, Imam Ahmad memperhatikan amalan yang terus diwiridkan oleh Si Tukang roti. Ia senantiasa beristighfar dalam setiap aktivitas yang ia lakukan. Lidahnya selalu basah dengan istighfar.
“Wahai tuan, apa fadhilah (keutamaan) yang tuan dapatkan dari amalan (selalu beristighfar) tersebut?” tanya Imam Ahmad penasaran.
Sang Tukang roti tersenyum. “Fadhilahnya, setiap do’a yang saya panjatkan kepada Allah selalu dikabulkan-Nya,” jawabnya.
“Tapi, ada satu do’a saya yang hingga saat ini belum dikabulkan Allah,” sambungnya.
“Do’a apakah itu, tuan?” tanyanya takjub.
“Dari dahulu, saya berdo’a kepada Allah agar dipertemukan dengan imam mazhab saya, yakni Imam Ahmad bin Hanbal. Namun hingga saat ini, saya belum juga dipertemukan dengan beliau,” tutur Tukang roti itu.
Lalu, dengan takjub Imam Ahmad berkata, “Aku adalah Ahmad bin Hanbal. Demi Allah, aku benar-benar didatangkan oleh Allah kepadamu.

Demikian dahsyatnya kekuatan Istighfar, sehingga Allah subhanahu wa ta’alat enggan untuk menolak do’a tukang roti yang dipanjatkan kepada-Nya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan baginya pada setiap kesedihannya jalan keluar dan pada setiap kesempitan ada kelapangan dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.” (Hr. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

Nah itulah kisah tukang Roti dan Ahmad bin Hambal. Saya pun pernah mencobanya dan percaya akan cerita tersebut. Dan saya merasakan doa saya terkabul sesuai keinginan saya. Walaupun tidak semua karena saya bukan seorang yang taat seperti Tukang Roti tersebut. Jadi, ga ada salahnya jika mulai sekarang mulai istighfar atau dzikir disaat luang kan? garugi juga!

No comments:

Post a Comment

Adbox

@brixlion